Membaca
1.
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca cepat dan membaca intensif
|
11.1 Mengungkapkan
pokok-pokok isi
teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
|
Komponen Skimming Scanning
Pengertian
Skimming digunakan
untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu
artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut,
apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca
secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa. Scanning
digunakan untuk mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. Biasanya, ini
dilakukan jika Anda telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda cari sehingga
berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik.
Scanning berkaitan
dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk
mencari kata dan frasa tertentu.
Contoh
Skimming untuk mendapatkan gagasan utama
dari sebuah halaman buku teks sehingga dapat memutuskan apakah buku tersebut
berguna dan perlu dibaca lebih pelan dan mendetail. scanning untuk
menemukan nomer tertentu di direktori telepon, kata di kamus.
Strategi
Langkah-langkah skimming :
- Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.
- Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut.
- Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph
- Jangan membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci atau keyword-nya
- Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut
Langkah-langkah scanning :
- Perhatikan penggunaan urutan seperti ‘angka’, ‘huruf’, ‘langkah’, ‘pertama’, ‘kedua’, atau ‘selanjutnya’.
- Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
- Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraf
Dalam
prakteknya, skimming dan scanning seringkali digabung.
Setelah melakukan skimming selanjutnya pembaca memutuskan teks
tersebut menarik, lalu dilanjutkan dengan scanning lokasi informasi
yang spesifik. Bisa juga sebaliknya, melakukan scanning ketika pertama
kali menemukan sumber untuk menentukan apakah teks tersebut akan menjawab
pertanyaan Anda dan selanjutnya melakukan skimming mencari pesan yang
ingin disampaikan penulis atau gagasan utamanya.
Jadi
selain berusaha meningkatkan minat baca, maka guru juga harus mulai
mensosialisasikan dan membiasakan siswanya untuk berlatih membaca cepat, baik
itu skimming maupun scanning. Semua perlu dilakukan secara bertahap.
Latihan sejak dini saat masih dibangku sekolah akan sangat membantu siswa
ketika masuk dunia perkuliahan. Bukan hanya siswa yang bisa memanfaatkan teknik
skimming dan scanning, tetapi juga guru dan semua orang yang
membutuhkan bacaan sebagai sumber informasi dalam hidupnya.
MEMBACA CEPAT
- Manfaat membaca cepat :
1. Menghemat waktu.
2. Meningkatkan efisiensi.
3. Memiliki nilai menyenangkan dan menghibur.
4. Memperluas cakrawala mental.
5. Membantu berbicara secara efektif.
6. Membantu menghadapi ujian.
- Kemampuan membaca cepat mencakup 2 kemampuan, yaitu kemampuan skimming dan scanning.
- Hal-hal yang harus dihindari :
1. Bersuara
2. Menggerakkan bibir
3. Menggunakan alat penunjuk
4. Menggerakkan kepala
5. Mengulang bacaan/regresi
MEMBACA CEPAT
- Manfaat membaca cepat :
1. Menghemat waktu.
2. Meningkatkan efisiensi.
3. Memiliki nilai menyenangkan dan menghibur.
4. Memperluas cakrawala mental.
5. Membantu berbicara secara efektif.
6. Membantu menghadapi ujian.
- Kemampuan membaca cepat mencakup 2 kemampuan, yaitu kemampuan skimming dan scanning.
- Hal-hal yang harus dihindari :
1. Bersuara
2. Menggerakkan bibir
3. Menggunakan alat penunjuk
4. Menggerakkan kepala
5. Mengulang bacaan/regresi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar