Minggu, 21 April 2013

XI.1.1.2 Merangkum Isi Pembicaraan dalam Wawancara

STANDAR KOMPETENSI: Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
KOMPETENSI DASAR      : Merangkum Isi Pembicaraan dalam Wawancara

                                Wawancara adalah tanya jawab untuk memperoleh informasi atau keterangan akan suatu hal. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung antara pewawancara dengan narasumber. Sebagai sebuah data, informasi yang diperoleh dari hasil wawancara harus diubah menjadi laporan tertulis. Laporan tertulis hasil wawancara berupa laporan tulisan jurnalistik (berita) atau data dalam bentuk ringkasan.

A.      Menyusun Rangkuman Hasil Wawancara
Rangkuman adalah penyajian singkat dari suatu pembicaraan atau tulisan. Adapaun langkah-langkah untuk membuat rangkuman hasil wawancara, antara lain:
1.       Menyimak seluruh pembicaraan dalam wawancara
2.       Mencatat pokok-pokok pembicaraan
3.       Merangkaikan pokok-pokok pembicaraan ke dalam beberapa paragraph dengan memerhatikan keefektifan kalimat-kalimatnya
Selain langkah-langkah, Anda juga harus memerhatikan hal-hal penting dalam membuat rangkuman, antara lain:
1.       Menggunakan kalimat efektif
2.       Jumlah paragraf  dalam rangkuman tergantung pada banyaknya pertanyaan dan jawaban kegiatan wawancara
3.       Mempertahankan susunan topik pembicaraan
Beberapa hal yang dapat dijadikan panduan untuk mengikuti wawancara, yaitu:
1.       Mengidentifikasi topik wawancara
2.       Memusatkan perhatian
3.       Memerhatikan intonasi, mimik, dan bahasa tubuh kedua belah pihak yang terlibat dalam wawancara
4.       Menentukan inti dari setiap pertanyaan
5.       Menentukan inti dari setiap jawaban
6.       Merangkum inti pertanyaan dan jawaban sebuah simpulan wawancara
B.      Menjelaskan Hasil Wawancara tentang Tanggapan Narasumber
Untuk mngetahui isi wawancara dapat dilakukan dengan cara menyimak dan mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara sebagai berikut:
1.       Menyimak wawancara dengan seksama dari awal hingga akhir
2.       Mencatat orang yang melakukan wawancara, baik pewawancara maupun narasumber
3.       Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara, sebagai berikut:
a.       Apa yang dibicarakan atau masalah yang dibahas dalam wawancara
b.      Tanggapan atau pendapat narasumber: berupa pendapat tentang penyebab masalah dan penanggulangan masalah yang diabahas dalam wawancara.
Tugas individu
Perhatikan Contoh  Format Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara Berikut Ini! Lakukan pengamatan pada wawancara yang dilakukan reporter. buatlah laporannya.
Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara
Nama                                    :
Kelas                                     :
Sumber Siar                        :
Jam Tayang                         :
Pewawancara                    :
Narasumber                       :
Topik Wawancara            :
Pokok-Pokok Isi                :
Rangkuman                        :


 
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
1.         Narasumber: Sampah-sampah yang hendak diproses dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah-sampah itu hendaknya berukuran minimal sekepalan tangan. Tahap kedua adalah sampah yang sudah dipisahkan tersebut dimasukkan ke dalam bak-bak penampungan menggunakan alat berat.
Keterangan dari narasumber tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan….
a.       Mengapa perlu dilakukan pengolahan sampah dengan teknologi baru?
b.      Berapa persenkah masalah sampah dapat ditanggulangi dengan cara ini?
c.       Siapakah yang memperkenalkan teknologi pengolahan sampah ini?
d.      Bagaimana cara mengolah sampah dengan teknologi ini?
e.      Kapan teknologi pengolahan sampah ini mulai dilakukan?
Kunci: D
Pembahasan: Pertanyaan yang paling sesuai dengan keterangan dari narasumber di atas adalah “Bagaimana cara mengolah sampah dengan teknologi ini?”
                2. Pertanyaan yang kurang baik untuk dilontarkan dalam wawancara adalah….
a.       Bagaimana sosok para perampoknya?
b.      Jam berapa tepatnya kejadian tersebut?
c.       Mengapa Anda tidak berteriak minta bantuan?
d.      Bagaimana cara Anda menghadapi para penjahat semalam?
e.      Apakah Anda yang semalam berada di lokasi kejadian?
Kunci: C
Pembahasan: Pertanyaan “C” Mengapa Anda tidak berteriak minta bantuan?  Kurang baik untuk dilontarkan dalam wawancara karena cenderung memojokkan narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang cenderung membuat narasumber merasa kurang nyaman sebaiknya dihindari dalam sebuah wawancara.
3.         Wartawan        : “Kota ini gagal meraih medali emas dari cabang tenis putra. Apa komentar Anda?
Narasumber    : “sebenarnya kami agak kecewa. Namun, atlet kami sudah bermain dengan maksimal. Mereka juga sudah berlatih keras.”
Inti pokok wawancara di atas adalah….
a.       Kegagalan atlet putra
b.      Kekurangberuntungan atlet tenis dalam meraih medali emas
c.       Tidak terpenuhinya target atlet tenis putra
d.      Komentar terhadap atlet tenis putra atas kegagalannya mendapat medali emas pada cabang tenis
e.      Kekecewaan atlet tenis karena gagal meraih medali emas
Kunci: D
Pembahasan: Inti pokok atau hal yang sedang dibicarakan dalam wawancara di atas adalah “Komentar terhadap atlet tenis putra atas kegagalannya mendapat medali emas pada cabang tenis.

TUGAS KELOMPOK
1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 orang dan lakukanlah wawancara dengan tokoh-tokoh penting di daerahmu. 
2. Siapkan daftar pertanyaan untuk narasumber yang Anda pilih
3. Pada proses wawancara 1 anak menjadi pewawancara dan 1 anak merekam proses wawancara (rekaman video minimal menggunakan telepon genggam)
4. Video hasil rekaman wawancara kemudian di upload (diunggah) ke situs www.youtube.com dengan judul WAWANCARA EKSKLUSIF SISWA SMA N 1 TEMPEL DENGAN .....(isi dengan nama dan profesi narasumber pilihanmu)
5. Alamat situs dari video yang Anda unggah kemudian disampaiakan ke pada Guru untuk dinilai.




DAFTAR PUSTAKA


Kosasih, Engkos. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Tim Kreatif Simpati. 2012. Sarana Pasti Meraih Prestasi SIMPATI SMA MA Kelas XI Semester 1 Bahasa Indonesia. Surakarta: Grahadi.

Sumber gambar: http://teguh212.blog.esaunggul.ac.id/2012/04/23/teknik-kamera-elektronik-7-multi-camera/apa-kabar-indonesia-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar