STANDAR KOMPETENSI: Mengungkapkan secara lisan informasi
hasil membaca dan wawancara
KOMPETENSI
DASAR : Merangkum Isi Pembicaraan
dalam Wawancara
Wawancara
adalah tanya jawab untuk memperoleh informasi atau keterangan akan suatu hal.
Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung
antara pewawancara dengan narasumber. Sebagai sebuah data, informasi yang
diperoleh dari hasil wawancara harus diubah menjadi laporan tertulis. Laporan tertulis
hasil wawancara berupa laporan tulisan jurnalistik (berita) atau data dalam
bentuk ringkasan.
A.
Menyusun Rangkuman Hasil Wawancara
Rangkuman adalah penyajian singkat
dari suatu pembicaraan atau tulisan. Adapaun langkah-langkah untuk membuat
rangkuman hasil wawancara, antara lain:
1.
Menyimak seluruh pembicaraan dalam wawancara
2.
Mencatat pokok-pokok pembicaraan
3.
Merangkaikan pokok-pokok pembicaraan ke dalam
beberapa paragraph dengan memerhatikan keefektifan kalimat-kalimatnya
Selain langkah-langkah, Anda juga harus memerhatikan
hal-hal penting dalam membuat rangkuman, antara lain:
1.
Menggunakan kalimat efektif
2.
Jumlah paragraf
dalam rangkuman tergantung pada banyaknya pertanyaan dan jawaban
kegiatan wawancara
3.
Mempertahankan susunan topik pembicaraan
Beberapa hal
yang dapat dijadikan panduan untuk mengikuti wawancara, yaitu:
1.
Mengidentifikasi topik wawancara
2.
Memusatkan perhatian
3.
Memerhatikan intonasi, mimik, dan bahasa tubuh
kedua belah pihak yang terlibat dalam wawancara
4.
Menentukan inti dari setiap pertanyaan
5.
Menentukan inti dari setiap jawaban
6.
Merangkum inti pertanyaan dan jawaban sebuah
simpulan wawancara
B. Menjelaskan Hasil Wawancara tentang
Tanggapan Narasumber
Untuk mngetahui isi wawancara dapat
dilakukan dengan cara menyimak dan mencatat isi pokok pembicaraan dalam
wawancara. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara sebagai berikut:
1.
Menyimak wawancara dengan seksama dari awal
hingga akhir
2.
Mencatat orang yang melakukan wawancara, baik
pewawancara maupun narasumber
3.
Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara,
sebagai berikut:
a.
Apa yang dibicarakan atau masalah yang dibahas
dalam wawancara
b.
Tanggapan atau pendapat narasumber: berupa
pendapat tentang penyebab masalah dan penanggulangan masalah yang diabahas
dalam wawancara.
Perhatikan Contoh Format Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara Berikut Ini! Lakukan pengamatan pada wawancara yang dilakukan reporter. buatlah laporannya.
Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara
Nama :
Kelas :
Sumber Siar :
Jam Tayang :
Pewawancara :
Narasumber :
Topik Wawancara :
Pokok-Pokok Isi :
Rangkuman :
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
1.
Narasumber: Sampah-sampah yang hendak diproses
dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah-sampah itu hendaknya
berukuran minimal sekepalan tangan. Tahap kedua adalah sampah yang sudah
dipisahkan tersebut dimasukkan ke dalam bak-bak penampungan menggunakan alat
berat.
Keterangan dari narasumber tersebut merupakan jawaban
atas pertanyaan….
a.
Mengapa perlu dilakukan pengolahan sampah dengan
teknologi baru?
b.
Berapa persenkah masalah sampah dapat
ditanggulangi dengan cara ini?
c.
Siapakah yang memperkenalkan teknologi
pengolahan sampah ini?
d.
Bagaimana cara mengolah sampah dengan teknologi
ini?
e.
Kapan teknologi pengolahan sampah ini mulai
dilakukan?
Kunci: D
Pembahasan: Pertanyaan yang paling sesuai
dengan keterangan dari narasumber di atas adalah “Bagaimana cara mengolah
sampah dengan teknologi ini?”
2. Pertanyaan
yang kurang baik untuk dilontarkan dalam wawancara adalah….
a.
Bagaimana sosok para perampoknya?
b.
Jam berapa tepatnya kejadian tersebut?
c.
Mengapa Anda tidak berteriak minta bantuan?
d.
Bagaimana cara Anda menghadapi para penjahat
semalam?
e.
Apakah Anda yang semalam berada di lokasi
kejadian?
Kunci: C
Pembahasan:
Pertanyaan “C” Mengapa Anda tidak
berteriak minta bantuan? Kurang baik untuk dilontarkan dalam
wawancara karena cenderung memojokkan narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang
cenderung membuat narasumber merasa kurang nyaman sebaiknya dihindari dalam
sebuah wawancara.
3.
Wartawan :
“Kota ini gagal meraih medali emas dari cabang tenis putra. Apa komentar Anda?
Narasumber :
“sebenarnya kami agak kecewa. Namun, atlet kami sudah bermain dengan maksimal.
Mereka juga sudah berlatih keras.”
Inti pokok wawancara di atas adalah….
a.
Kegagalan atlet putra
b.
Kekurangberuntungan atlet tenis dalam meraih
medali emas
c.
Tidak terpenuhinya target atlet tenis putra
d.
Komentar terhadap atlet tenis putra atas
kegagalannya mendapat medali emas pada cabang tenis
e.
Kekecewaan atlet tenis karena gagal meraih
medali emas
Kunci: D
Pembahasan:
Inti pokok atau hal yang sedang dibicarakan dalam wawancara di atas adalah “Komentar
terhadap atlet tenis putra atas kegagalannya mendapat medali emas pada cabang
tenis.
TUGAS KELOMPOK
1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 orang dan lakukanlah wawancara dengan tokoh-tokoh penting di daerahmu.
2. Siapkan daftar pertanyaan untuk narasumber yang Anda pilih
3. Pada proses wawancara 1 anak menjadi pewawancara dan 1 anak merekam
proses wawancara (rekaman video minimal menggunakan telepon genggam)
4. Video hasil rekaman wawancara kemudian di upload (diunggah) ke situs www.youtube.com dengan judul WAWANCARA EKSKLUSIF SISWA SMA N 1 TEMPEL DENGAN .....(isi dengan nama dan profesi narasumber pilihanmu)
5. Alamat situs dari video yang Anda unggah kemudian disampaiakan ke pada Guru untuk dinilai.
DAFTAR PUSTAKA
Kosasih, Engkos. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 2 untuk
SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Tim Kreatif Simpati. 2012. Sarana Pasti Meraih Prestasi SIMPATI SMA MA
Kelas XI Semester 1 Bahasa Indonesia. Surakarta: Grahadi.
Sumber gambar: http://teguh212.blog.esaunggul.ac.id/2012/04/23/teknik-kamera-elektronik-7-multi-camera/apa-kabar-indonesia-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar