KURIKULUM 2013
1. 3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel
|
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menyampaikan cerita sejarah tentang
tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
berita politik, ekonomi, sosial, dan kriminal
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab,
dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
iklan yang bersifat deskriptif, persuasif, maupun
eksposisi
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan editorial/opini
tentang konflik sosial, politik, ekonomi,
kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyajikan
novel
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan,
|
editorial/opini, dan novel baik melalui lisan
maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel berdasarkan kaidah-
kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
|
4. Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan novel baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel baik secara lisan
maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan novel ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar