Rabu, 24 April 2013

X.1.5.1 Puisi: Bentuk



5.1  Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman   
 BENTUK PUISI

 Sedangkan struktur fisik puisi, atau terkadang disebut pula metode puisi, adalah sarana-sarana yang digunakan oleh penyair untuk mengungkapkan hakikat puisi. Struktur fisik puisi meliputi hal-hal sebagai berikut.

(1) Perwajahan puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.

(2) Diksi, yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Karena puisi adalah bentuk karya sastra yang sedikit kata-kata dapat mengungkapkan banyak hal, maka kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata.

(3) Imaji, yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil). Imaji dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair.

(4) Kata kongkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji. Kata-kata ini berhubungan dengan kiasan atau lambang. Misal kata kongkret “salju: melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll, sedangkan kata kongkret “rawa-rawa” dapat melambangkan tempat kotor, tempat hidup, bumi, kehidupan, dll.

(5) Bahasa figuratif, yaitu bahasa berkias yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu (Soedjito, 1986:128). Bahasa figuratif menyebabkan puisi menjadi prismatis, artinya memancarkan banyak makna atau kaya akan makna (Waluyo, 1987:83). Bahasa figuratif disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks.

(6) Versifikasi, yaitu menyangkut rima, ritme, dan metrum. Rima adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Rima mencakup (1) onomatope (tiruan terhadap bunyi, misal /ng/ yang memberikan efek magis pada puisi Sutadji C.B.), (2) bentuk intern pola bunyi (aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi [kata], dan sebagainya [Waluyo, 187:92]), dan (3) pengulangan kata/ungkapan. Ritma adalah tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Ritma sangat menonjol dalam pembacaan puisi.

Puisi baru bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.
Menurut isinya, puisi dibedakan atas :

a) Balada adalah puisi berisi kisah/cerita

b) Himne adalah puisi pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau pahlawan

c) Ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang berjasa

d) Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup
e) Romance adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih
f) Elegi adalah puisi yang berisi ratap tangis/kesedihan
g) Satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik

Sedangkan macam-macam puisi baru dilihat dari bentuknya antara lain:
a) Distikon
b) Terzina

c) Quatrain


d) Quint

e) Sektet

f) Septime

g) Oktaf/Stanza
h) Soneta
 
3. Contoh dari Jenis-jenis Puisi Baru


Contoh jenis puisi menurut isinya :


a)  BALADA
Puisi karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “ Balada Matinya Aeorang
Pemberontak”.

b)     HYMNE


Bahkan batu-batu yang keras dan bisu

Mengagungkan nama-Mu dengan cara sendiri

Menggeliat derita pada lekuk dan liku

bawah sayatan khianat dan dusta.
Dengan hikmat selalu kupandang patung-Mu
menitikkan darah dari tangan dan kaki
dari mahkota duri dan membulan paku
Yang dikarati oleh dosa manusia.
Tanpa luka-luka yang lebar terbuka
dunia kehilangan sumber kasih
Besarlah mereka yang dalam nestapa
mengenal-Mu tersalib di datam hati.
(Saini S.K)

c)       ODE


Generasi Sekarang

Di atas puncak gunung fantasi

Berdiri aku, dan dari sana

Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa

Menciptakan kemegahan baru


Pantoen keindahan Indonesia

Yang jadi kenang-kenangan

Pada zaman dalam dunia

(Asmara Hadi)
d)     EPIGRAM

Hari ini tak ada tempat berdiri


Sikap lamban berarti mati

Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan

Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.


(Iqbal)




e) ELEGI

Senja di Pelabuhan Kecil


Ini kali tidak ada yang mencari cinta

di antara gudang, rumah tua, pada cerita


tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut

menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang


menyinggung muram, desir hari lari berenang

menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak

dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap
(Chairil Anwar)
e)     SATIRE

Aku bertanya


tetapi pertanyaan-pertanyaanku

membentur jidad penyair-penyair salon,

yang bersajak tentang anggur dan rembulan,

sementara ketidakadilan terjadi
di sampingnya,
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan,
termangu-mangu dl kaki dewi kesenian.
(Rendra)
Contoh jenis puisi dari bentuknya :

a)      DISTIKON


Contoh :

Berkali kita gagal

Ulangi lagi dan cari akal

Berkali-kali kita jatuh
Kembali berdiri jangan mengeluh
(Or. Mandank)
b)     TERZINA

Contoh :


Dalam ribaan bahagia datang

Tersenyum bagai kencana

Mengharum bagai cendana

Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Dari ; Madah Kelana
Karya : Sanusi Pane
c)      QUATRAIN

Contoh :


Mendatang-datang jua

Kenangan masa lampau

Menghilang muncul jua

Yang dulu sinau silau
Membayang rupa jua
Adi kanda lama lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
(A.M. Daeng Myala)
d)     QUINT
Contoh :

Hanya Kepada Tuan


Satu-satu perasaan

Hanya dapat saya katakan

Kepada tuan

Yang pernah merasakan
Satu-satu kegelisahan
Yang saya serahkan
Hanya dapat saya kisahkan
Kepada tuan
Yang pernah diresah gelisahkan
Satu-satu kenyataan
Yang bisa dirasakan
Hanya dapat saya nyatakan
Kepada tuan
Yang enggan menerima kenyataan
(Or. Mandank)
e)      SEXTET

Contoh :


Merindu Bagia

Jika hari’lah tengah malam

Angin berhenti dari bernafas

Sukma jiwaku rasa tenggelam
Dalam laut tidak terwatas
Menangis hati diiris sedih
(Ipih)
f)       SEPTIMA

Contoh :


Indonesia Tumpah Darahku

Duduk di pantai tanah yang permai

Tempat gelombang pecah berderai

Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
(Muhammad Yamin)
g)       STANZA ( OCTAV )
Contoh :
Awan
Awan datang melayang perlahan

Serasa bermimpi, serasa berangan


Bertambah lama, lupa di diri

Bertambah halus akhirnya seri

Dan bentuk menjadi hilang

Dalam langit biru gemilang
Demikian jiwaku lenyap sekarang
Dalam kehidupan teguh tenang
(Sanusi Pane)
h)     SONETA

Contoh :


Gembala

Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )

Melihat anak berelagu dendang ( b )

Seorang saja di tengah padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )
Beginilah nasib anak gembala ( a )
Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
Pulang ke rumah di senja kala ( a )
Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
Melagukan alam nan molek permai ( a )
Wahai gembala di segara hijau ( c )
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
Maulah aku menurutkan dikau ( c )
(Muhammad Yamin)
4. Ciri-ciri dari Jenis Puisi Baru


Ciri puisi dari Jenis isinya :


a) Balada
Ciri-ciri balada :
Balada jenis ini terdiri dari 3 (tiga) bait, masing-masing dengan 8 (delapan) larik dengan skema rima a-b-a-b-b-c-c-b. Kemudian skema rima berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai refren dalam bait-bait berikutnya.
c)      Hymne
Ciri-ciri hymne :
Lagu pujian untuk menghormati seorang dewa, Tuhan, seorang pahlawan, tanah air, atau
alma mater (Pemandu di Dunia Sastra).
Sekarang ini, pengertian himne menjadi berkembang. Himne diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap sesuatu yang dihormati (guru, pahlawan, dewa, Tuhan) yang bernafaskan ke-Tuhan-an.
d)     Ode
Ciri-ciri ode :
Ciri ode nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.
e)      Epigram
Epigramma (Greek); unsur pengajaran; didaktik; nasihat membawa ke arah kebenaran
untuk dijadikan pedoman, ikhtibar; ada teladan.
f)       Romance
Romantique (Perancis); keindahan perasaan; persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra.


g) Elegi


Ciri-ciri elegi :

Sajak atau lagu yang mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu,
terutama karena kematian/kepergian seseorang.
g)      Satire
Satura (Latin) ; sindiran ; kecaman tajam terhadap sesuatu fenomena; tidak puas hati satu golongan (ke atas pemimpin yang pura-pura, rasuah, zalim etc)


Ciri puisi dari Jenis bentuknya :

a) Distikon

• 2 baris; sajak 2 seuntai
• Distikon (Greek: 2 baris)
• Rima – aa – bb
b) Terzina
Terzina (Itali: 3 irama)
c) Quatrain

• Quatrain (Perancis: 4 baris)


• Pada asalnya ada 4 rangkap

• Dipelopori di Malaysia oleh Mahsuri S.N.
d) Quint
Pada asalnya, rima Quint adalah /aaaaa/ tetapi kini 5 baris dalam serangkap diterima umum sebagai Quint (perubahan ini dikatakan berpunca dari kesukaran penyair untuk membina rima /aaaaa/
e) Sextet

• sextet (latin: 6 baris)


• Dikenali sebagai ‘terzina ganda dua’

• Rima akhir bebas
h)     Septima
• septime (Latin: 7 baris)
• Rima akhir bebas


g) Oktav


• Oktaf (Latin: 8 baris)
• Dikenali sebagai ‘double Quatrain’

h) Soneta

ciri – ciri soneta :

· Terdiri atas 14 baris

· Terdiri atas 4 bait, yang terdiri atas 2 quatrain dan 2 terzina

· Dua quatrain merupakan sampiran dan merupakan satu kesatuan yang disebut octav.
· Dua terzina merupakan isi dan merupakan satu kesatuan yang disebut isi yang disebut
sextet.
· Bagian sampiran biasanya berupa gambaran alam
· Sextet berisi curahan atau jawaban atau kesimpulan daripada apa yang dilukiskan dalam
ocvtav , jadi sifatnya subyektif.

· Peralihan dari octav ke sextet disebut volta


· Penambahan baris pada soneta disebut koda.

· Jumlah suku kata dalam tiap-tiap baris biasanya antara 9 – 14 suku kata

· Rima akhirnya adalah a – b – b – a, a – b – b – a, c – d – c, d – c – d.

X.1.8.1 MENULIS PUISI LAMA

MENULIS PUISI LAMA DENGAN MEMPERHATIKAN BAIT, IRAMA, DAN RIMa

PENGERTIAN
Puisi adalah bentuk karangan yang terkikat oleh rima, ritma, ataupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat.
Menurut zamannya, puisi dibedakan atas puisi lama dan puisi baru.
A. PUISI LAMA
Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan.

Aturan- aturan itu antara lain :

- Jumlah kata dalam 1 baris


- Jumlah baris dalam 1 bait

- Persajakan (rima)

- Banyak suku kata tiap baris
- Irama

1. Ciri-ciri Puisi Lama
Ciri puisi lama:
a)      Merupakan puisi rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya.
b)       Disampaikan lewat mulut ke mulut, jadi merupakan sastra lisan.
c)      Sangat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima.
2. Jenis Puisi Lama

    Yang termasuk puisi lama adalah :

a)      Mantra adalah ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib.
b)      Pantun adalah puisi yang bercirikan bersajak a-b-a-b, tiap bait 4 baris, tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, 2 baris awal sebagai sampiran, 2 baris berikutnya sebagai isi.
Pembagian pantun menurut isinya terdiri dari pantun anak, muda-mudi, agama/nasihat, teka-teki, jenaka.
c)      Karmina adalah pantun kilat seperti pantun tetapi pendek.
d)     Seloka adalah pantun berkait.
e)      Gurindam adalah puisi yang berdirikan tiap bait 2 baris, bersajak a-a-a-a, berisi
nasihat.
f)       Syair adalah puisi yang bersumber dari Arab dengan ciri tiap bait 4 baris,
 bersajak a-a- a-a, berisi nasihat atau cerita.
g)      Talibun adalah pantun genap yang tiap bait terdiri dari 6, 8, ataupun 10 baris.


3. Contoh dari Jenis-jenis Puisi Lama

a)      Mantra

Assalammu’alaikum putri satulung besar


Yang beralun berilir simayang

Mari kecil, kemari

Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu

b)     Pantun

Kalau ada jarum patah


Jangan dimasukkan ke dalam peti

Kalau ada kataku yang salah

Jangan dimasukan ke dalam hati

      c)  Karmina
Dahulu parang, sekarang besi (a)
Dahulu sayang sekarang benci (a)

d)     Seloka

Lurus jalan ke Payakumbuh,


Kayu jati bertimbal jalan

Di mana hati tak kan rusuh,

Ibu mati bapak berjalan

e)      Gurindam

Kurang pikir kurang siasat (a)


Tentu dirimu akan tersesat (a)

Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )

Bagai rumah tiada bertiang ( b )
Jika suami tiada berhati lurus ( c )
Istri pun kelak menjadi kurus ( c )

f)       Syair

Pada zaman dahulu kala (a)


Tersebutlah sebuah cerita (a)

Sebuah negeri yang aman sentosa (a)

Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)

g)      Talibu

Kalau anak pergi ke pekan


Yu beli belanak pun beli sampiran

Ikan panjang beli dahulu
Kalau anak pergi berjalan Ibu cari sanak pun cari isi Induk semang cari dahulu

4. Ciri-ciri dari jenis puisi lama

a)      Mantra
Ciri-ciri:
·   Berirama akhir abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, Bersifat lisan, sakti atau magis.
·   Adanya perulangan.
·   Metafora merupakan unsur penting.
·   Bersifat esoferik (bahasa khusus antara pembicara dan lawan bicara) dan misterius.
·   Lebih bebas dibanding puisi rakyat lainnya dalam hal suku kata, baris dan persajakan.

b)     Pantun
Ciri – ciri :
·   Setiap bait terdiri 4 baris.
·    Baris 1 dan 2 sebagai sampiran.
·    Baris 3 dan 4 merupakan isi.
·    Bersajak a – b – a – b.
·    Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata.
·    Berasal dari Melayu (Indonesia).

c)      Karmina
Ciri-ciri :
·         Setiap bait merupakan bagian dari keseluruhan.
·          Bersajak aa-aa, aa-bb.
·         Bersifat epik: mengisahkan seorang pahlawan.
·          Tidak memiliki sampiran, hanya memiliki isi.
·          Semua baris diawali huruf kapital.
·          Semua baris diakhiri koma, kecuali baris ke-4 diakhiri tanda titik.
·          Mengandung dua hal yang bertentangan yaitu rayuan dan perintah

d)     Seloka
Ciri-ciri :
·         Ditulis empat baris memakai bentuk pantun atau syair.
·          Namun ada seloka yang ditulis lebih dari empat baris.

e)      Gurindam
Ciri-ciri :
·         Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian.
·         baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris
pertama tadi.





f)    Syair
Ciri-ciri :
·         Terdiri dari 4 baris.
·          Berirama aaaa.
·          Keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair.

g)    Talibun
Ciri-ciri:
·            Jumlah barisnya lebih dari empat baris, tetapi harus genap misalnya 6, 8, 10 dan  
       seterusnya.
·             Jika satu bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran dan tiga isi.
·             Jika satu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat isi.
·             Apabila enam baris sajaknya a – b – c – a – b – c.
·             Bila terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a – b – c – d.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar