Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indoneia
Kelas
XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.Memahami berbagai informasi dari
sambutan/khotbah dan wawancara
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah
yang didengar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
|
Berbicara
2.Mengungkapkan
secara lisan informasi hasil membaca dan
wawancara
|
2.1 Menjelaskan
secara lisan uraian topik tertentu
dari hasil membaca (artikel atau buku)
2.2 Menjelaskan hasil
wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap
topik tertentu
|
Membaca
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan
membaca nyaring
|
3.1 Menemukan perbedaan paragraf
induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal,
dan sikap membaca yang baik
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang,
karangan ilmiah
|
4.1 Menulis proposal
untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3 Melengkapi
karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
|
Mendengarkan
5.
Memahami pementasan drama
|
5.1 Mengidentifikasi peristiwa,
pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan
teknik pementasan
|
Berbicara
6.
Memerankan tokoh dalam pementasan drama
|
6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan
mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan
dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
|
Membaca
7.
Memahami berbagai hikayat, novel
Indonesia/novel terjemahan
|
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
|
Menulis
8.
Mengungkapkan infomasi
melalui penulisan resensi
|
8.1 Mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan
resensi
8.2 Mengaplikasikan
prinsip-prinsip penulisan resensi
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indoneia
Kelas XI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9.
Memahami
pendapat dan informasi dari
berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau
seminar
|
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi
atau seminar
|
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap
presentasi hasil penelitian
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan
membaca intensif
|
11.1 Mengungkapkan
pokok-pokok isi
teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2 Membedakan
fakta dan opini pada editorial
dengan membaca intensif
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman/ringkasan, notulen rapat,
dan karya ilmiah
|
12.1 Menulis
rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan
cerpen
|
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang
dibacakan
13.2
Menemukan
nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan
drama
|
14.1 Mengekspresikan
dialog para tokoh dalam pementasan
drama
14.2 Menggunakan
gerak-gerik, mimik, dan intonasi,
sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan
drama
|
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
|
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan unsur intrinsik
dan ekstrinsik
novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
|
Menulis
16. Menulis naskah
drama
|
16.1 Mendeskripsikan
perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2
Menarasikan pengalaman manusia
dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar