Rabu, 24 April 2013

Dialog Monolog

Dialog Monolog

DIALOG. 1. Penuturan kata-kata oleh para pemeran. 2. Percakapan antara seorang tokoh dengan tokoh lainnya.
Secara etimologis berasal dari bahasa yunani διά (dia, jalan batu / cara) dan λόγος (logos, kata), sehingga dapat diartikan sebagai ‘cara manusia dalam mengunakan kata’. Dialog merupakan percakapan timbal balik antara dua orang atau lebih. Berlawanan dengan diskusi yang punya kecenderungan menuju sebuah goal tertentu, mencapai sebuah persetujuan, memecahkan persoalan, atau memenangkan opini seseorang, dialog bukan sebuah teknik untuk memecahkan persoalan atau sarana resolusi konflik.

DIALOG COACH / DIALOG DIRECTOR. Orang dalam set yang bertanggung jawab membantu para aktor/aktris dalam mempelajari dialog mereka selama pembuatan film. Mungkin juga membantu pengaturan dialog saat pra-syuting.

DIALOG EDITOR. Editor suara yang khusus mengedit dialog.

DIALOG TRACK. Sound track yang memuat ucapan lip sync.

MONOLOG. Percakapan batin, ‘dialog’ dengan diri sendiri. Juga merujuk pada ucapan panjang seorang tokoh tanpa diputus atau disela tokoh lainnya.

Catatan:
Definisi beberapa istilah di atas diambil dari Kamus Istilah Televisi dan Film. Kamus tersebut merupakan karya langka. Kita tahu, di Indonesia sudah berdiri sejumlah lembaga penyiaran televisi profesional dan berbagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang televisi dan film (IKJ, ISI Yogyakarta, ISI Solo, PSTF Univ. Jember), tapi betapa sulit mencari buku mengenai istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi televisi ataupun film.
Nah, buku karya Ilham Zoebazary ini memuat tidak kurang dari 2000 entri yang bergandeng erat dengan dunia televisi dan film. Di dalamnya tercakup istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi program televisi dan karya film, juga istilah-istilah teknis operasional di dalam studio televisi, studio editing, penulisan skenario, hingga istilah-istilah yang biasa digunakan para ahli dalam menelaah televisi dan film. Sebagian besar entri, khususnya yang berhubungan dengan karya film, disertai contoh-contoh dengan menyebutkan judul film, nama sutradara serta tahun pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar