Minggu, 14 April 2013

Hikmah Afnan

RENUNGAN SIANG

Don tadinya adalah seorang pekerja Bank ternama di daerah Pensylvania, kemudian dia mengajukan pension dini. Dengan modal pesangon pension dini tersebut Don selanjutnya mengembangkan usaha minimarket yang awalnya kecil-kecilan, akan tetapi karena ketekunan dan keuletannya akhirnya Supermarket Don menjadi Hypermarket yang terkenal di Pensylvania.

Ketika Don ditanya tentang alih profesinya tersebut dia menjawab dengan santai, “ Ternyata usaha sendiri seperti ini lebih enak” katanya. “ Tanpa ada situasi dan kondisi yang formal, bebas mengekspresikan kemampuan dan keuletan dalam mengelola kesibukan” sambungnya. “ Sangat berbeda ketika dengan kerja kantoran di bank, semua serba terikat oleh aturan”. “ Belum lagi menyiasati sikap formal dari Dinas yang kadang subyektif dalam menilai prestasi pekerjanya”

Ada kalanya sesorang ingin berganti pekerjaan karena perasaan jenuh, dan lingkungan kerjanya sudah tidak ada lagi tantangan, sehingga dia mulai mencari tantangan baru. Ada juga yang melihat bahwa di tempat kerjanya sudah semakin bobrok system organisasinya, sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. Bahkan ada yang merasa frustasi karena gagasan-gagasan besarnya tidak pernah direspon oleh atasannya. Terkadang alih profesi juga disebabkan oleh pekerjaan yang selama ini digelutinya tidak sesuai dengan kata hati dan panggilan nuraninya. Sehingga dalam bekerja mereka mengalami perang batin dan stress yang berkepanjangan.

Menjalankan usaha yang sesuai dengan kata hati ternyata punya manfaat tersendiri. Selain mendapat uang, para mereka juga ditengarai lebih sehat ketimbang pekerja lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan menjalankan bisnis sesuai dengan kata hatinya ternyata membuat seseorang mendapat tingkat kesehatan yang lebih baik. Berdasarkan penelitian Gallup, sejumlah pengusaha yang bekerja sesuai dengan keinginan hatinya di AS lebih sedikit yang didiagnosa mengalami penyakit kronis seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Demikian dikutip dari LiveScience.

Akhirnya, bekerjalah sesuai dengan kata hati dan panggilan nurani, karena itulah yang akan menuntun kita untuk lebih sukses dan lebih sehat. SELAMAT SIANG…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar