Selasa, 26 Maret 2013

Meringkas Buku non-Sastra



Meringkas Isi Buku
A. Pengertian
Salah satu cara untuk mengerti isi bacaan adalah dengan membuat ihktisar (garis besar). Ihktisar berbeda dengan ringkasan. Ringkasan (summary) adalah ekspresi yang ketat dari isi utama suatu karangan atau teks. Ringkasan/rangkuman menyajikan isi karangan asli  secara beraturan, sesuai dengan teks aslinya. Tiap bagian bagian disajikan secara proporsional artinya setiap bagian disajikan secara sebanding.
Ikhtisar (precis) merupakan pemadatan suatu karangan, hanya memaparkan langsung isi utama. Ihktisar lebih menekankan hal-hal yang penting, yuang kurang penting diabaikan atau hanya sedikit saja yang dikemukakan. Ihktisar tidak perlu mengikuti alur atau karangan aslinya.
Sinopsis adalah ringkasan cerita (novel, cerpen, drama).
Parafrase adalah pengungkapan kembali isi uraian puisi. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam memahami isi puisi.
Abstraks adalah ringkasan isi karya ilmiah (disertasi, skripsi, karya ilmiah lain).
B. Prosedur meringkas
1.   Menentukan tujuan
Macam-macam tujuan meringkas antara lain:
a.    Untuk digunakan sebagai alat pertolongan dalam mengerjakan atau memberikan riviu/bedah buku/tinjauan buku/resensi. Dalam hal ini ringkasan berbentuk pernyataan umum.
b.   Untuk digunakan sebagai catatan dalam kertas penelitian ( research paper).  Dalam hal ini selain pikiran utama juga dituliskan pikiran penjelas.
c.    Untuk dipergunakan menjawab pertanyaan. Maka perlu disampaikan pikiran utama, pikiran penjelas, dan isi asli latar belakang suatu karangan yang diringkas.
2.   Membaca
Membaca dilakukan secara saksama dalam rangka untuk memahami isi. Ini dapat dilakukan sampai dengan beberapa kali.
3.   Menyeleksi
Ini dilakukan untuk mengetahui isi pokok buku.
4.   Menulis
Ini mencari inti pikiran utama, merekontruksi ide, menyaring, dan memadatkan tanpa mengganggu keasliannya isi.  
5.   Membandingkan
Membandingkan hasil ringkasan dengan bacaan asli. Yaitu dengan pertimbangan pikiran utama dan penjelas diambil seperlunya.  Kedua tidak ada pendapat lain yang masuk ke dalam ringkasan  kecuali hanyaisi buku asli.


Rujukan
Ahcmadi, Muhcsin. 1988. Materi Dasar Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar