Selasa, 26 Maret 2013

XI.2.11.2 Pengertian Tajuk



Fakta dan Opini Dalam Tajuk
A.    Pengertian
Editorial/tajuk rencana (karangan induk dalam media) adalah kolom dalam surat kabar/majalah yang mengungkapkan opini redaksi atas suatu permasalahan yang sedang hangat/menonjol pada saat media itu terbit. Dalam tajuk biasanya ada fakta (kenyataan) dan opini (pendapat) yang disampaikan redaktur. Tajuk mewakili suara media tersebut.
B.     Fungsi Tajuk
Fungsi tajuk adalah kritik atas ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat, dan memberikan wawasan pada masyarakat atas permasalahan yang sedang hangat.
C.     Isi Tajuk
Tajuk berisi satu permasalah yang sedang berkembang/hangat di masyarakat dan opini redaksi atas permasalahan tersebut.
D.    Sistematika tajuk
1.      Pembuka
Bagian pembuka disebut juga intro. Intro adalah bagian pembuka atau pendahuluan. Dalam pidato intro adalah pengantar sebelum sampai pada pokok bahasan. Syarat intro harus jelas, ringkas , dan menarik.
2.      Pengembang
Tughas pengembang adalah membaut bahasan tajuk rencana menjadi terfokus, mengerucut. Hal ini dimaksudkan agar menghasilkan tesis yang ringkas dan tajam. Bahasan tajuk dapat dikembangkan dengan penjelasan, kutipan, contoh, dan statistik.  
3.      Penutup
Bagian ini tidak otomatis berupa kesimpulan. Beberapa fungsi penutup adalah (1) mengakhiri uraian atau bahasan tanpa menyertakan kesimpulan, (2) menyatakan kesimpulan secara tegas dan ringkas, (3) mengimbau atau mengajk khhalayak pembaca untuk melakukan tindakan sesuai dengan pokok bahasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar