Soal X-2 SK 11 KD 11.1 dan 11.2
Bahasa
adalah suatu sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh
suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan
mengidentifikasi diri. Sebagai sebuah sistem, maka bahasa terbentuk oleh
suatu aturan, kaidah, atau pola-pola tertentu, baik dalam tata bunyi, tata
bentuk kata, maupun kalimat. Bila aturan, kaidah atau pola ini dilanggar,
maka
komunikasi
dapat terganggu. (Abdul Chair, 1998: 1)
Fungsi
bahasa yang terutama adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau
berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Untuk berkomunikasi
sebenarnya dapat juga digunakan cara lain, misalnya isyarat, lambang-lambang
gambar atau kode-kode tertentu lainnya. Namun, dengan bahasa komunikasi dapat
berlangsung lebih baik dan lebih sempurna.
Bahasa
Indonesia sendiri yang mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa
resmi negara di tengah-tengah berbagai macam bahasa daerah, mempunyai fungsi
sebagai berikut: a) alat untuk menjalankan administrasi negara, b) alat
pemersatu pelbagai suku bangsa di Indonesia, c) media untuk menampung
kebudayaan nasional. (Abdul Chair, 1998: 2)
|
Puisi
adalah karya sastra yang khas penggunaan bahasanya dan memuat pengalaman yang
disusun secara khas pula. Pengalaman batin yang terkandung dalam puisi
disusun dari peristiwa yang telah diberi makna dan ditafsirkan secara
estetik.
Susunan
kata dalam puisi relatif lebih padat dibandingkan prosa. Kehadiran kata-kata
dan ungkapan dalam puisi diperhitungkan dari berbagai segi: makna, citraan,
rima, ritme, nada, rasa, dan jangkauan simboliknya. Sebagai alat, katakata
dalam puisi harus mampu diboboti oleh gagasan yang ingin diutarakan penyair.
Di samping itu, kata-kata puisi harus pula mampu membangkitkan tanggapan rasa
pembacanya. Kebebasan penyair untuk memperlakukan
bahasa
sebagai bahan puisi itu dalam istilah kesusastraan dikenal sebagai lisentia
poetica. Istilah ini menyiratkan adanya semacam kewenangan bagi penyair
untuk mematuhi atau menyimpangi norma ketatabahasaan. Pematuhan dan
penyimpangan ini haruslah mempertimbangkan tercapainya kepuitisannya.
|
2. Rangkumlah
wacana diatas dengan benar berdasarkan isinya.
|
3Daftar Harga Barang di Pasar Majapahit
Harga
beberapa barang kebutuhan pokok tahun 2012
|
43. Deskripsikan
tabel di atas dengan benar dan lengkap .
Soal X-2 SK 12 KD 12.1, 12.2, 12
1. Buatlah
sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas pernyataan, alasan dan
kesimpulan. Tema : Pencarian Ilmu (sedikitnya tujuh kalimat, tulis judul)
u 2. Buatlah
sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas
kesimpulan dan alasan. Tema : Berbakti Kepada Orang Tua
. 3. Buatlah paragraf persuasif tema: Hidup Bersih, Hidup Sehat.
Syarat; satu paragraf berisi sedikitnya tujuh kalimat, dan sesuai EYD.
. 4. Buatlah
sebuah paragraf persuasif yang tersusun atas pernyataan, alasan dan bukti/data.
Tema : Kemanfaatan Ilmu
. 5. Buatlah pertanyaan dasar wawancara
kepada penjual jamu gendong.
6. Buatlah pertanyaan wawancara yang diawali dengan ilustrasi.
- Baca dan perhatikan kutipan wawancara berikut.
Bagaimana menurut
Anda perkembangan kesenian tradisional dewasa ini? Kesenian
tradisional dewasa ini boleh dikatakan sudah tergerus kemajuan zaman. Padahal,
kesenian tersebut berkaitan erat dengan kebudayaan bangsa kita.
Apa kaitan antara
kesenian dan kebudayaan bangsa?
Bangsa yang berbudaya adalah bangsa yang mau peduli terhadap kesenian
tradisional. Kesenian tersebut merupakan warisan leluhur kita, nenek moyang
kita. Jadi, harus kita upayakan kelestariannya.
Bagaimana dengan
generasi muda?
Dewasa ini,
generasi muda lebih cinta pada kesenian-kesenian yang bersifat modern. Mereka
sepertinya tidak terlalu ambil pusing, bahkan tidak tahu akan keberadaan
kesenian tradisional.
Penyebabnya? Penyebabnya banyak
sekali: salah satunya ialah informasi budaya asing. terkadang, kita tidak
pilih-pilih dulu, mana yang sesuai, mana yang tidak. Kebanyakan orang langsung
menelan mentah.
Sebagai generasi
muda, apa yang dapat kita lakukan?
Kita harus belajar mencintai kesenian tradisional sebagai aset budaya
bangsa. Jika tidak, bersiaplah menghadapi kerusakan moral dalam tubuh bangsa
majemuk ini
8. Tuliskan
pokok-pokok penting dalam wawancara tersebut dalam bentuk paragraf.
9. Buatlah pendahuluan teks pidato perpisahan kelas XII SMA N I Tempel (salam, sapaan, puji
syukur, ucapan terima kasih).
10. Buatlah kesimpulan
dan penutup teks pidato perpisahan kelas XII SMA N I Tempel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar