Selasa, 07 Mei 2013

UH X. SK 11 DAN 12

 

Soal X-2 SK 11 KD 11.1 dan 11.2
Bahasa adalah suatu sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Sebagai sebuah sistem, maka bahasa terbentuk oleh suatu aturan, kaidah, atau pola-pola tertentu, baik dalam tata bunyi, tata bentuk kata, maupun kalimat. Bila aturan, kaidah atau pola ini dilanggar, maka
komunikasi dapat terganggu. (Abdul Chair, 1998: 1)
Fungsi bahasa yang terutama adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Untuk berkomunikasi sebenarnya dapat juga digunakan cara lain, misalnya isyarat, lambang-lambang gambar atau kode-kode tertentu lainnya. Namun, dengan bahasa komunikasi dapat berlangsung lebih baik dan lebih sempurna.
Bahasa Indonesia sendiri yang mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara di tengah-tengah berbagai macam bahasa daerah, mempunyai fungsi sebagai berikut: a) alat untuk menjalankan administrasi negara, b) alat pemersatu pelbagai suku bangsa di Indonesia, c) media untuk menampung kebudayaan nasional. (Abdul Chair, 1998: 2)
1. Rangkumlah wacana diatas dengan benar berdasarkan isinya.
Puisi adalah karya sastra yang khas penggunaan bahasanya dan memuat pengalaman yang disusun secara khas pula. Pengalaman batin yang terkandung dalam puisi disusun dari peristiwa yang telah diberi makna dan ditafsirkan secara estetik.
Susunan kata dalam puisi relatif lebih padat dibandingkan prosa. Kehadiran kata-kata dan ungkapan dalam puisi diperhitungkan dari berbagai segi: makna, citraan, rima, ritme, nada, rasa, dan jangkauan simboliknya. Sebagai alat, katakata dalam puisi harus mampu diboboti oleh gagasan yang ingin diutarakan penyair. Di samping itu, kata-kata puisi harus pula mampu membangkitkan tanggapan rasa pembacanya. Kebebasan penyair untuk memperlakukan
bahasa sebagai bahan puisi itu dalam istilah kesusastraan dikenal sebagai lisentia poetica. Istilah ini menyiratkan adanya semacam kewenangan bagi penyair untuk mematuhi atau menyimpangi norma ketatabahasaan. Pematuhan dan penyimpangan ini haruslah mempertimbangkan tercapainya kepuitisannya.
   2. Rangkumlah wacana diatas dengan benar berdasarkan isinya.

                                                       
3Daftar Harga Barang di Pasar Majapahit
Nama Barang
Beras
Gula
Minyak Tanah
Kopi
Maret
Rp3.275
Rp4.100
Rp6.100
Rp5.750
April
Rp3.050
Rp4.175
Rp5.900
Rp5.750
Mei
Rp3.150
Rp4.300
Rp6.175
Rp5.290
Juni
Rp3.300
Rp4.150
Rp6.225
Rp5.800
Harga beberapa barang kebutuhan pokok tahun 2012
43.  Deskripsikan tabel di atas dengan benar dan lengkap .



Soal X-2 SK 12 KD 12.1, 12.2, 12
1.     Buatlah sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas pernyataan, alasan dan kesimpulan. Tema : Pencarian Ilmu (sedikitnya tujuh kalimat, tulis judul)
u   2. Buatlah sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas  kesimpulan dan alasan. Tema : Berbakti Kepada Orang Tua
.   3. Buatlah paragraf persuasif tema: Hidup Bersih, Hidup Sehat. Syarat; satu paragraf berisi sedikitnya tujuh kalimat, dan sesuai EYD.
.    4. Buatlah sebuah paragraf persuasif yang tersusun atas pernyataan, alasan dan bukti/data. Tema : Kemanfaatan Ilmu
.    5.  Buatlah pertanyaan dasar wawancara kepada penjual jamu gendong.
       6. Buatlah pertanyaan wawancara yang diawali dengan ilustrasi.
  1. Baca dan perhatikan kutipan wawancara berikut.

Bagaimana menurut Anda perkembangan kesenian tradisional dewasa ini? Kesenian tradisional dewasa ini boleh dikatakan sudah tergerus kemajuan zaman. Padahal, kesenian tersebut berkaitan erat dengan kebudayaan bangsa kita.
Apa kaitan antara kesenian dan kebudayaan bangsa?                                     
 Bangsa yang berbudaya adalah bangsa yang mau peduli terhadap kesenian tradisional. Kesenian tersebut merupakan warisan leluhur kita, nenek moyang kita. Jadi, harus kita upayakan kelestariannya.
Bagaimana dengan generasi muda?                                                                    
Dewasa ini, generasi muda lebih cinta pada kesenian-kesenian yang bersifat modern. Mereka sepertinya tidak terlalu ambil pusing, bahkan tidak tahu akan keberadaan kesenian tradisional.
Penyebabnya?                                                                                                          Penyebabnya banyak sekali: salah satunya ialah informasi budaya asing. terkadang, kita tidak pilih-pilih dulu, mana yang sesuai, mana yang tidak. Kebanyakan orang langsung menelan mentah.
Sebagai generasi muda, apa yang dapat kita lakukan?                                          
      Kita harus belajar mencintai kesenian tradisional sebagai aset budaya bangsa. Jika tidak, bersiaplah menghadapi kerusakan moral dalam tubuh bangsa majemuk ini
    8.  Tuliskan pokok-pokok penting dalam wawancara tersebut dalam bentuk paragraf. 
        9.  Buatlah pendahuluan teks pidato perpisahan kelas XII SMA N I Tempel (salam, sapaan, puji syukur, ucapan terima kasih).
10.    Buatlah kesimpulan dan penutup teks pidato perpisahan kelas XII SMA N I Tempel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar